Jumat, 24 Mei 2019

7 Destinasi Di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

7 Destinasi Di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

Rajabandarq - Samarinda adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat. Meskipun Samarinda merupakan kota yang kurang terkenal dengan wisatanya, namun perlu Anda ketahui bahwa Samarinda ini sejatinya adalh kota yang elok, kaya akan keindahan alamnya yang eksotis. Banyak tempat wisata di samarinda yang indah .


Bila Anda menelisik lebih dalam mengenai keindahan alam Samarinda, tentunya Anda akan menemukan banyak tempat wisata yang bagus dan layak digunakan sebagai tempat berlibur bagi Anda dan keluarga, teman, atau orang- orang tersayang. Lalu, apa saja yang dapat kita temukan di Samarinda ini? . Berikut adalah beberapa tempat wisata di samarinda :

1. Wisata Pulau Kumala Samarinda

Mari kita mulai dengan daftar pertama, Pulau Kumala. Sebenarnya tempat wisata satu ini tidak tepat terletak di Samarinda. Namun tempat wisata satu ini terletak tidak jauh jika ditempuh dengan kendaraan, hanya 27 kilometer dari Kota Samarinda. Pulau Kumala terbentuk akibat endapan lumpur Sungai Mahakam atau ilmiahnya disebut delta. Jika dilihat seksama, pulau ini memiliki bentuk menyerupai perahu yang terbalik.


Sebagai salah satu destinasi wisata, Pulau Kumala memiliki taman rekreasi dengan kurang lebih 10 wahana permainan yang bisa kamu coba seperti jet coaster, gokar, kereta gantung, komedi putar, dan kereta api mini untuk mengitari pulau sambil menikmati pemandangan. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Sky Tower yang menjulang tinggi mencapai 750 desimeter!

Lokasi: Jalan K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Tenggarong, Kaltim.
Jam Operasional: 13.30 – 23.00
Harga Tiket: Rp 7.000 Dewasa; Rp 5.000 anak-anak

2. Pulau Beras Basah Samarinda

Tempat wisata rekomendasi lainnya adalah Pulau Beras Basah. Seperti Pulau Kumala, pulau ini tidak terletak tepat di Kota Samarinda namun menjanjikan keindahan alam yang luar biasa. Untuk mencapai Pulau Beras Basah, waktu yang diperlukan cukup lama yaitu selama 3 jam dengan kendaraan.


Pulau ini berada di Selat Makassar, Bontang, Kaltim. Keindahan pasir putih dan kejernihan air yang berkilau kebiruan akan membuat kamu lupa lelahnya perjalanan menuju ke pulau ini.

Lokasi: Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

3. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah yang berada di Dusun Purwosari, Samarida Utara ini memiliki ketinggian 15 meter. Uniknya, air yang mengalir di air terjun ini terlihat jernih. Namun ketika air sudah menuju hilir, warna air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan dasar tanah hilir di sini berjenis gambut.


Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Rp 5.000

4. Desa Budaya Pampang Samarinda

Desa Pampang adalah salah satu desa budaya untuk kamu yang ingin tahu tentang budaya lokal di Samarinda. Tempat wisata Samarinda yang dihuni Suku Dayak Kenyah ini sering dikunjungi oleh para pelancong karena mempunyai keunikan tersendiri.


Setiap hari Minggu pada pukul 13:00 – 15:00, diadakan pentas seni di lamin atau balai pertemuan desa. Gedung ini terlihat unik dihiasi dengan ukiran khas Suku dayak. Menariknya, pada saat pentas seni berjalan, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya. Agen BandarQ

Lokasi: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Jam Operasional: Minggu 14.00 – 17.00
Harga Tiket: Dewasa Rp 25.000; Anak-Anak Rp 20.000

5. Kampung Tenun Samarinda

Salah satu ciri khas Kota Samarinda adalah kain tenun dengan corak kotak-kotaknya yang indah. Jika ingin memboyong oleh-oleh kain tenun ini, datang saja ke Kecamatan Samarinda Seberang. Selain membeli kain, kamu dapat melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih amat tradisional dengan menggunakan alat tenun non-mekanis yang disebut Gedokan.


Lokasi: Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 09.00 – 19.00
Harga Tiket: –

6. Pelas Tahun Samarinda

Pelas Tahun Pampang merupakan aktivitas budaya masyarakat Suku Dayak Kenyah di Desa Pampang Samarinda yang melambangkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB), telah memberikan anugerah berupa hasil panen untuk kebutuhan masyarakat disana. Masyarakat Dayak Kenyah di Pampang selalu melakukan Upacara Pelas Tahun tiap tahunnya.


Lokasi: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional: –
Harga Tiket: –

7. Citra Niaga Samarinda

Citra Niaga adalah taman wisata Samarinda rakyat pertama yang berdiri di Kota Samarinda. Citra Niaga mendapatkan penghargaan Aga Khan nominasi Arsitektur karena rancangannya yang menggabungkan antara fungsionalitas bangunan dan keindahan arsitekturnya.


Lokasi: Jl. Niaga Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 09.00 – 17.30
Harga Tiket: Gratis

Demikian DAFTAR tempat wisata di Samarinda. Jadi tunggu apalagi, luangkan waktu rencanakan liburan anda.

0 komentar:

Posting Komentar