Jumat, 10 Mei 2019

7 Destinasi Di Tanjung Pinang yang Wajib Anda Kunjungi

7 Destinasi Di Tanjung Pinang yang Wajib Anda Kunjungi

Rajabandarq - Kali ini saya akan mengulas tentang 7 objek wisata Tanjungpinang 2019, yang patut kamu kunjungi jika kamu berlibur ke kota Tanjungpinang ini. Kalau kamu punya rencana untuk berkunjung atau berlibur ke Kota Tanjungpinang, Itu adalah suatu rencana yang sangat tepat. Karena memang Tanjungpinang memberikan cukup banyak wisata pilihan yang layak untuk kamu kunjungi.


Selain Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Riau, ternyata Tanjungpinang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam yang tak kalah dengan wisata di kota-kota besar lainnya.

Untuk memberikan kemudahan untuk anda, kami menemukan tempat wisata di Tanjungpinang yang paling indah dan paling di rekomendasikan untuk dikunjungi. berikut ini kami ulas secara singkat 7 Objek Wisata di Tanjungpinang Terbaru yang Paling Direkomendasikan.

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah objek wisata Tanjungpinang yang berupa pulau kecil di Tanjungpinang. Pulau Ini bisa dilihat dari Kota Tanjungpinang, pulau ini berjarak 2 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor atau yang bisa kita kenal sebagai pompong.


Di pulau Penyengat dapat dijumpai bermacam-macam peninggalan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, benteng pertahanan di Bukit Kursi, makam-makam para raja, dan juga terdapat komplek Istana Kantor. Sejak tanggal 19 October 1995, Pulau penyengat dan kompleks istana yang ada di pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan sebagai salah satu situs warisan dunia.

2. Gedung Gonggong

Terletak di kawasan Laman Boenda, Gedung Gonggong bukan hanya sebagai pusat informasi kebudayaan bagi para wisatawan yang lagi berkunjung ke kota Tanjungpinang. Namun, menjadi hits karena desain interior dan eksterior yang unik sekali. Sepintas, bangunan ini mengingatkan kita terhadap Keong Mas yang ada di Taman Mini Indonesia Raya Jakarta, yang dibalut dengan atap berwarna emas. Tapi, Gedung Gonggong di desain menyerupai siput laut, dengan dinding yang terbuat dari kaca gelap.


Gedung Gonggong sebagai objek wisata Tanjungpinang ini memiliki dua lantai. Jika kalian Masuk ke dalam, kalian bisa melihat di Lantai pertama berisikan pusat oleh-oleh khas Tanjung Pinang, sedangkan di lantai kedua terdapat museum mini dengan televisi yang berisikan bermacam-macam informasi tentang kebudayaan di Tanjungpinang. Selagi berjalan-jalan ke Gedung Gonggong, makin lengkap rasanya jika kamu bersantai di Laman Boenda. Sambil berburu pemandangan sunset cantik, terdapat pula taman bermain untuk anak-anak dengan berbagai wahana yang menyenangkan.

3. Jembatan Dompak

Pulau Dompak saat ini mudah dijangkau setelah jembatan Dompak dibangun. Jembatan ini panjangnya  1.5 km yang sekarang sudah di buka untuk umum meskipun masih nampak berbagai pembangunan yang harus dibenahi.


Selain sebagai penghubung Tanjungpinang dan pulau Dompak,  jembatan Dompak juga telah berubah menjadi destinasi wisata. Bila kalian berkunjung ke kota Tanjungpinang, tempat ini masuk ke dalam rekomendasi wisata yang patut dikunjungi.

Karena jembatan Dompak ini berdekatan dengan Masjid Raya Dompak, dari ketinggian pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan laut disekitaran Dompak dan Tanjungpinang yang dipadukan dengan Jembatan Dompak di tengahnya.

4. Vihara Patung Seribu

Kota Tanjungpinang memiliki icon baru wisata. Yang bernama Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Vihara ini terkenal dengan julukan Vihara Seribu Patung atau Seribu Wajah. Vihara ini berada di Jalan Nusantara, Kilometer 14 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva adalah tempat sembahyang umat Budha yang saat ini bisa juga menjadi destinasi wisata religi di Provinsi Kepulauan Riau.


Pembangunan patung seribu ini berlangsung selama 14 tahun dan mempunyai 500 patung Lohan dengan bermacam-macam wajah dan juga memiliki 40 lebih patung dewa dalam kepercayaan orang Budha. Vihara ini termasuk dalam vihara terbesar se-Asia Tenggara setelah China. Vihara ini banyak dikenal oleh masyarakat dengan Vihara Seribu Wajah karena banyaknya patung di lokasi itu. Pembuat patung-patung tersebut kabarnya langsung di desain oleh seniman asal Tiongkok. Agen BandarQ

Posisi patung dibikin berbaris rapi dengan warna yang sama. Harga dari sebuah patung itu mencapai Rp 25 juta, dan juga memiliki sertifikat garansi selama 500 tahun. Saat kalian memasuki kawasan ini, terdapat gerbang yang memiliki bentuk seperti gerbang sebuah kota di China zaman dulu. Batu-batu yang berukuran besar ini juga di datangkan dari negara China. Maka tak heran jika keunikan Vihara ini mengundang banyak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



Uniknya lagi meskipun objek wisata Tanjungpinang ini digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha, namun banyak juga orang-orang yang beragama lain datang untuk melihat-lihat atau hanya sekedar berselfie. Rata-rata tinggi patung yang terdapat di tempat ini memiliki ketinggian sekitar 1,8 meter sampai dengan 2 meter dan yang terpendek setinggi  1,7 meter. Semua patung itu tersusun dengan rapi dan membentuk setengah lingkaran.

Bila Anda perhatikan secara seksama patung-patung yang ada di vihara ini, seolah-olah mengajak kalian untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Karena semua patung memiliki ekspresi wajah yang berbeda-beda yaitu diantaranya ada patung  yang ekspresinya tersenyum, tertawa, cemberut, berwajah seram bahkan ada yang memiliki ekspresi lucu seakan-akan sedang mengejek Anda dan adapula patung yang sedang membawa binatang. Sungguh unik bukan?

5. Pantai Trikora

Objek wisata Tanjungpinang ini adalah tempat wisata yang paling terkenal di provinsi Kepulauan Riau. Meski posisinya tidak masuk ke dalam wilayah kota Tanjungpinang. Namun, pantai ini layak untuk dikunjungi karena masih berada satu pulau dengan ibukota provinsi Kepri ini yaitu di pulau Bintan. Ini adalah pantai Trikora yang berlokasi di desa Malang Rapat, kecamatan Gunung Kijang, kabupaten Bintan. Jarak tempuh dari kota Tanjungpinang sekitar 45 km dan bisa ditempuh kurang lebih selama satu jam setengah.


Pantai Trikora ini memiliki karakteristik yang mirip dengan pantai-pantai di Bangka Belitung yaitu memiliki kumpulan batuan granit yang membuat pemandangan menjadi cantik. Pantai ini juga mempunyai garis yang panjang, dengan pasir putih serta air yang jernih. Di sekitaran pantai telah tersedia juga pondok-pondok dengan bermacam-macam ukuran yang dapat disewakan untuk wisatawan yang membutuhkan tempat untuk berteduh dari sinar matahari yang menyengat.

6. Pantai Lagoi

Objek wisata kebanggaan Kepulauan Riau, yang terletak di Kabupaten Bintan ini yang berupa pantai Lagoi. Berjejer barisan pepohonan kelapa yang berada di tepi pantai dengan pemandangan alamnya yang sangat indah serta didukung dengan lingkungannya yang masih bersih dan kinclong merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Pantai Lagoi.


Pantai Lagoi merupakan pantai utama yang ada di Lagoi Bay. Pantainya cantik, berhiaskan deretan pohon kelapa dan pasir putih. Di pinggir pantai kamu bisa menyewa peralatan watersport seperti jetski dan lainnya.

Lagoi Bay merupakan pantai berpasir putih yang sangat luas. Di sini terdapat banyak resort dan hotel mewah seperti di kawasan Marina Bay, contohnya adalah Swiss-Belhotel Lagoi Bay. segala transaksi di resort yang berbeda di sana memakai mata uang dollar. Hal tersebut dilakukan karena memang, kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini adalah turis asing.

Selain objek wisata pantai, di kawasan Pantai terdapat berbagai macam tempat wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Sungai Sebong dan Hutan Bakau. Masing-masing tempat ini memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Selain itu ada juga berbagai ragam penginapan dan resort mewah, yang menjadikan kawasan wisata ini berkelas dunia.

7. Hutan Mangrove

Di kawasan Pulau Bintan banyak ditumbuhi hutan bakau yang sangat luas dan menjadi salah satu hutan mangrove terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Kawasan hutan mangrove ini paling sering dimasukkan ke dalam paket wisata Tanjungpinang adalah hutan bakau yang berada di daerah Pantai Trikora.


Para Traveler bisa berkeliling hutan bakau dengan perahu yang biasanyak disewakan oleh resort-resort atau agen tour lokal. Sepanjang hutan ini para traveler akan disuguhi berbagai penampakan satwa penghuni hutan bakau seperti ular, monyet, dan burung. DAFTAR

Jadi guys, Itulah tulisan sederhana dari saya tentang  7 objek wisata Tanjungpinang 2019 yang paling direkomendasikan menurut tempat berwisata murah. Padahal masih banyak lagi tempat-tempat objek wisata yang ada di Tanjungpinang. Tapi, kami hanya memperkenalkan 7 objek wisata yang paling terkenal di tahun 2019 ini. Jadi, jangan lupa guys untuk berkunjung ke salah satu tempat diatas, karena memang tempatnya yang bagus serta wisata alamnya yang tak kalah menarik dari tempat-tempat yang ada di daerah lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar