Sabtu, 04 Mei 2019

7 Destinasi Di Sumedang Wajib Anda Kunjungi

7 Destinasi Di Sumedang Wajib Anda Kunjungi

Rajabandarq - Sumedang menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal luas dengan kulinernya yang khas yakni tahu. Namun tak hanya kulinernya yang terkenal, Sumedang juga punya banyak destinasi menarik yang bisa jadi tempat seru untuk berlibur.



Wilayahnya yang sebagian besar merupakan kawasan pegunungan membuat Sumedang memiliki hawa udara yang sejuk dengan pemandangan yang tak kalah menyejukkan. Misalnya spot berikut ini Batu dua, yang pernah digunakan sebagai Venue PON untuk cabang Paralayang.

1. Puncak Damar Baros, Jati Gede

Menyuguhkan pesona landskap waduk dengan pemandangan nan eksotis, menghabiskan waktu di Puncak Damar Baros Jatigede bisa menberikan pengalaman liburan yang berbeda. Tempat wisata di Sumedang ini menawarkan keindahan waduk Jatigede yang di dalamnya terdapat perbukitan nan mempesona jika dilihat dari kejauhan.


Sejauh pandangan hanya pesona alam yang tersaji dengan begitu indahnya. Tak ayal jika destinasi ini jadi buruan para pecinta fotografi. Selain itu ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini, seperti camping atau pun outbond.

Ditambah lagi dengan fasilitas lain yang cukup memadai, misalnya gazebo hingga area bermain Anak, membuat siapapun akan betah menghabiskan waktu santainya di tempat menarik yang satu ini.

2. Kampung Wisata Toga

Berjarak kurang lebih 2 km dari Sumedang kota, Kampung Wisata Toga bisa jadi destinasi seru untuk berlibur di akhir pekan. Seperti namanya Kampung Wisata Toga atau tanaman obat keluarga, di sini Anda akan diajak mengenal  berbagai macam tanaman obat dengan cara yang lebih fun dan seru.


Sebab banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan disini, mulai dari berenang, memancing, berkeliling dengan naik sepeda, main paint ball, hiking, mencoba arung jeram hingga mencoba gantole dan masih banyak hal seru menarik lainnya.

Tempat wisata di Sumedang ini juga menyediakan villa jika Anda ingin menghabiskan waktu menginap di tempat yang menarik ini.

3. Mata Air Sirah Cipelang

Karena keindahan yang dimilikinya, tempat wisata di Sumedang yang satu ini kini menjadi perbincangan yang hangat di media sosial. Berlokasi di Kecamatan Conggeang, Mata Air Sirah Cipelang menawarkan kesegaran mata air pegunungan Tampomas yang alami nan asri. Berada di tengah rindangnya pepohonan, menyelam di mata air Sirah Cipelang memberikan sensasi yang menyegarkan.


Dan lagi airnya yang jernih juga bisa jadi spot foto underwater yang keren abis. Tempat ini merupakan tempat pemandian umum bagi warga di sekitar jadi tak perlu khawatir, Anda tak akan merusaknya hanya dengan menceburkan diri ke dalamnya. Asal jaga kebersihan dan berprilaku dengan santun.

4. Situ Cilembang

Selanjutnya ada lagi tempat wisata di Sumedang yang belakangan cukup hits di media sosial, Situ Cilembang namanya. Situ ini memiliki air yang jernih dengan kedalaman sekitar 3 meter, saking jernih airnya pantulan pepohonan dan langit yang biru menghiasi permukaannya dan membuatnya seolah berwarna biru. Hingga kerap membuatnya disebut dengan julukan Situ Biru Cilembang.


Tak seperti di mata air Sirah Cipelang yang bisa digunakan untuk bermain air dan mandi, di Situ Cilembang Anda tak bisa seleluasa itu. Sebab airnya digunakan oleh warga untuk konsumsi, karenanya sebagai pelancong Anda pun harus menghormati kearifan lokal. Meskipun begitu keindahannya tetap tak bisa diabaikan dan cocok banget jadi spot foto yang instagramable.

Lokasinya yang berada di tengah hutan yang membuatnya seolah tersembunyi dengan jalur yang cukup menantang, membuatnya memiliki suasana alam yang masih begitu asri. Tak heran jika tempat cantik ini belum begitu banyak yang mengetahuinya. Agen BandarQ

5. Agrowisata Kampung Nangorak

Berjarak kurang lebih hanya 6 km saja dari pusat kota Sumedang, Agrowisata Kampung Nangorak menjadi salah satu destinasi wisata edukatif. Mengusung konsep agroeduteknowisata, tempat wisata di Sumedang ini tak hanya sekedar menawarkan tempat rekreasi alam tetapi tempat belajar alam yang seru.


Banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini mulai dari belajar menanam sayur, berternak, memancing hingga kamping seru di tengah alam terbuka. Berlokasi di kawasan dengan ketinggian 765 mdp hingga 1.035 mdpl membuat suasana di Kampung Nangorak begitu sejuk.

Selain aktivitas tersebut, Anda juga bisa menghabiskan malam dengan menginap di rumah pohon dengan biaya sewa terjangkau yang akan membuat waktu libur makin tak terlupakan.

6. Wisata Alam Pangjugjugan

Tempat wisata di Sumedang ini merupakan desa wisata yang menyuguhkan interaksi alam yang menarik. Di lokasi ini pun Anda juga bisa belajar tentang ilmu alam sekaligus melihat langsung pengolahan hasil pertanian dan juga peternakan.


Tak sampai di situ saja, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik yang lain. Seperti berenang, naik perahu mengelilingi situ, seru-seruan bermain permainan tradisional, mencoba terapi di kolam terapi ikan hingga bermain flying fox dan masih banyak keseruan yang lain.

7. Arung Jeram Pangcalikan

Tempat wisata di Sumedang yang satu ini bisa jadi destinasi seru untuk menguji nyali sekaligus adrenalin. Berlokasi di Desa Citepok, Arung Jeram Pangcalikan menawarkan suasana petualangan seru menjelajahi jeram di sungai Cipeles yang dikenal memiliki arus yang cukup menantang. DAFTAR


Di jalur sungai yang dilewati saat berarung jeram, beberapa titiknya diapit tebing nan eksotis yang memberikan pengalaman seru tak terlupakan. Ketika musim kemarau melanda, meski sedikit surut air di sungai Cipeles justru terlihat sangat jernih hingga disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Sumedang.

0 komentar:

Posting Komentar