Senin, 20 Mei 2019

7 Destinasi Di Pontianak yang Wajib Dikunjungi

7 Destinasi Di Pontianak yang Wajib Dikunjungi


Rajabandarq - Dikenal karena wilayahnya yang dilalui garis khatulistiwa membuat ibukota provinsi Kalimantan Barat ini kerap dijuluki sebagai kota khatulistiwa. Namun tak hanya itu saja yang menarik karena Pontianak memiliki banyak destinasi wisata yang bakal memanjakan waktu libur Anda. Berikut tempat wisata yang kami ulas untuk anda.

1. Khatulistiwa Park

Berlokasi di Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Tugu Khatulistiwas atau kerap disebut Khatulistiwa Park ini tak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak hanya sekitar 3 km saja. Di dalamnya terdapat banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan tugu tersebut.


Selain itu, di tempat wisata di Pontianak ini juga kerap mengadakan event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang memunculkan titik ilumninasi. Yaitu saat matahari berada tepat di atas kepala kita sehingga membuat bayangan tidak nampak. Event tersebut di adakan paa bulan maret dan september. Menarik bukan?

2. Keraton Kadariah

Tempat wisata di Pontianak ini didirikan sekitar tahun  1771 hingga 1778 masehi, ini menjadi tanda jika kota Pontianak telah menjadi kawasan pusat pemerintahan tak kurang dari 300 tahun yang lalu.Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri menjadi sultan yang pertama tinggal di keraton tersebut.


Berdiri persis di tepi sungai, istana ini memiliki struktur bangunan yang unik dengan warna cat kuning berukran 30×50 meter dan terdiri dari 3 lantai. Sisi historis bangunan keraton ini masih sangat kental, di dalamnya masih banyak tersimpan benda-benda bersejarah seperti kursi singasana, tombak penobatan, baju kesultanan, cermin seribu dan masih banyak lagi.

Sedangkan dibagian sudut luar bangunan keraton terdapat meriam kecil berjumlah 13 yang merupakan buatan Perancis dan Portugis. Dengan berkunjung ke Keraton Kadariah Anda tak hanya turut melestarikan budaya tetapi juga ikut belajar tentang sejarah Pontianak.

3. Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak

Jalan-jalan di kota Pontianak tak lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat wisata di Pontianak yang satu ini. Dengan panjang 138 m serta lebar 5 m dan tinggi 7 m, replika rumah adat suku dayak yang jadi tempat wisata andalan di Pontianak ini disebut-sebut sebagai rumah adat terpanjang yang ada di Indonesia.


Jangan heran jika rumah ini juga mendapat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) karena bentuk dan ukurannya. Tak hanya itu di kawasan tempat wisata ini juga kerap diadakan even menarik yang sayang banget jika Anda melewatkannya.

4. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Dirintis sekitar tahun 1974 oleh pemerintah setempat melalui Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Barat, museum ini didirikan sebagai bagian untuk menyimpan berbagai macam benda-benda bersejarah yang ada maupun ditemukan di wilayah Kalimantan Barat.


Koleksinya terdiri dari benda-benda geologika berupa peta hingga bebatuan, lalu koleksi biologika, historika, numimastika hingga arkeologika yang begitu tinggi nilainya dan tersimpan dengan rapi nan cantik di tempat wisata di Pontianak yang satu ini. Agen BandarQ

Selain kegiatan pameran, museum juga kerap mengadakan berbagai macam kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung yang datang. Mulai dari bimbingan, konservasi hingga lomba-lomba untuk menarik minat pengunjung tentang benda-benda bersejarah.

5. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Berdiri sekitar tahun 1829 M, vihara ini dulunya dikenal dengan sebutan Klenteng Tiga atau Tian Hou Keng. Tiang serta rangka bangunan vihara yang didominasi oleh warna merah ini terbuat dari kayu ulin yang memiliki ketahanan yang sangat bagus, tak heran jika vihara ini masih kokoh sampai sekarang.


Ketika masuk dari pintu utama, Anda akan disambut dengan lukisan dewa-dewa dari ajaran Kong Hu Cu serta banyak ornamen-ornamen keagamaan lainnya. Hingga saat ini vihara ini masih aktif digunakan untuk beribadat. Jadi Anda harus menghormati mereka yang sedang beribadat ketika jalan-jalan di vihara ini, ya?

6. Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)

Berlokasi di Pontianak Tenggara dan masih termasuk ke dalam kawasan Universitas Tanjungpura, Hutan Kota atau Arboretum Sylva Untan bisa jadi destinasi seru untuk berwisata sekaligus menghabiskan waktu bersantai atau pun jogging.


Dengan luas area tak kurang dari 3,2 hektar, hutan kota ini ditumbuhi setidaknya ada 190 jenis pepohonan, 86 jenis tanaman anggrek hingga 176 jenis tanaman perdu. Tak heran jika hutan ini menjadi salah satu penyumbang oksigen terbesar di kota Pontianak dan sekitarnya.

Selain tumbuhan, tempat wisata di Pontianak ini pun juga memiliki koleksi satwa yang beragam, mulai dari mamalia, unggas dan burung hingga hetrofauna serta serangga. Kawasan hutan yang begitu asri nan hijau kerap jadi spot fotografi yang memukau bahkan pernah digunakan sebagai latar pembuatan film. Berbagai kegiatan seru dan mengasyikan bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari jogging, bersepeda santai hingga outbond yang seru.

7. Taman Alun Kapuas

Jika jalan-jalan ke kota Pontianak, belum lengkap rasanya kalau tak mampir sejenaka dan menikmati suasana Taman Alun Kapuas yang ditemani eksotisnya sungai Kapuas yang mengalir persis di tengah-tengah kota seakan-akan membelah kota Pontianak. DAFTAR


Banyak hal seru dan mengasyikan yang bisa dilakukan saat berada di tempat wisata di Pontianak ini, seperti menjajal kuliner khas hingga menikmati suasana malam di tepi sungai Kapuas sambil ditemani gemerlap lampu-lampu hias nan memukau. Tak heran jika tempat ini jadi spot favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu santainya.

0 komentar:

Posting Komentar