Kamis, 23 Mei 2019

7 Destinasi Di Banjarmasin yang Wajib Anda Kunjungi

7 Destinasi Di Banjarmasin yang Wajib Anda Kunjungi

Rajabandarq - Banjarmasin yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memang dikelilingi banyak aliran sungai. Jangan heran jika kota ini dijuluki  dengan julukan ‘Kota Seribu Sungai’, setidaknya ada 60 sungai yang mengalir di seluruh wilayah Banjarmasin. Mulai dari sungai Martapura, lalu sungai Barito dan sungai Kuin serta puluhan sungai lainnya yang membelah wilayah Banjarmasin menjadi delta atau kepulauan.


Karena itulah sungai menjadi pusat segala macam kegiatan bagi warganya yang juga kerap jadi tujuan wisata. Selain sungainya yang punya daya pikat tersendiri, masih banyak destinasi menarik yang sangat sayang jika hanya dilihat sambil lalu.

Daripada penasaran yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pulau Kembang

Destinasi unik ini sebetulnya merupakan delta yang berada di tengah-tengah perairan sungai Barito. Yang unik dari tempat wisata ini ialah karena seluruh area pulau tersebut dihuni oleh kawanan monyet-monyet ekor panjang dan juga bekantan.


Banyak mitos yang beredar jika monyet-monyet ini membawa hoki, tak heran jika kemudian banyak pengunjung yang datang ingin agar keinginannya terkabul. Selain berinteraksi dengan monyet-monyet yang ada disana, lokasi hutan mangrovenya juga sangat menyejukkan sekaligus instagramable. Cocok banget buat hunting foto kekinian.

Informasi:

Nama: Pulau Kembang
Alamat: Alalak, Barito Kuala – Kalimantan Selatan

2. Pasar Apung Lokba Intan

Pernahkah Anda membayangkan belanja di pasar yang berada di atas perahu? Jika penasaran maka Anda harus mampir ke pasar terapung Lok Baintan dan merasakan sensasi belanja sambil bergoyang di atas perahu. Sama seperti di pasar pada umumnya,  pasar apung ini juga menjual berbagai macam komoditas. Dari sayuran, buah-buahan, hingga kuliner khas Banjar bisa Anda temukan di sini.


Buka mulai dari jam 6 hingga 8 pagi, pasar ini selalu saja menarik untuk disambangi. Tak hanya untuk berbelanja tetapi juga merasakan kearifan lokal dan yang tak boleh ketinggalan tentu hunting foto-foto instagenik dari aktivitas unik tersebut.

Informasi:

Nama: Pasar Apung Lokba Intan
Alamat: Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan
Jam buka: 06.00 – 08.00 WITA

3. Menara Pandang Banjarmasin

Tempat wisata di Banjarmasin yang selanjutnya ini akan mengajak Anda melihat keindahan kota Banjarmasin dari sudut yang berbeda. Belokasi tepat di pinggir sungai Martapura, Menara Pandang Banjarmmasin ini berdiri kokoh dengan empat lantai dan dibagian lantai paling atas merupakan ruangan terbuka.


Sehingga akan semakin memudahkan Anda untuk menikmati indahnya kota Banjarmasin dari ketinggian. Termasuk menikmati keindahan sungai Martapura yang begitu ramai dengan perahu yang hilir mudik, hingga megahnya Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Dari menara ini Anda juga bisa hunting foto, lho. Jadi jangan heran jika banyak yang berkunjung dan jadi fotografer dadakan disini.

Informasi:

Nama: Menara Pandang Banjarmasin
Alamat: Jl. Kapten Tendean, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Jam buka: 10.00 – 21.00 WITA (Senin – Jumat), 10.00-22.00 WITA (Sabtu), 08.00-21.00 WITA (Minggu)

4. Taman Siring Martapura

Bersantai di tepi sungai sambil menikmati suasana yang enjoyable menjadi satu hal yang mengasyikan yang  bisa Anda lakukan di tempat wisata Banjarmasin yang satu ini. Berada persis di pinggir sungai Martapura, Taman Siring menjadi spot favorit warga kota Banjarmasin.


Tak hanya sekedar untuk bersantai, di taman ini juga kerap jadi ajang berkumpulnya banyak komunitas anak muda Banjarmasin. Dari komunitas Inlineskate, dance, skateboard, BMX hingga boat modeling. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi hiburan gratis para warga yang berjalan-jalan di Taman Siring Banjarmasin.

Informasi:

Nama: Taman Siring Banjarmasin
Alamat: Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

5. Museum Wasaka

Suka dengan wisata sejarah? Banjarmasin juga punya destinasi menarik yang sarat dengan nilai sejarah yang tinggi, lho. Berlokasi di tepi sungai Martapura, Museum Wasaka merupakan pengingat bagaimana besarnya perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah. Namanya sendiri memiliki makna yang mendalam yang disingkat dari Waja Sampai Ka Putting yang menjadi motto perjuangan rakyat.


Bangunan museum ini sendiri merupakan bangunan rumah adat Banjar Bumbungan Tinggi yang kemudian dialihfungsikan demi menjaga kelestarian rumah adat tersebut. Di dalam museum sendiri terdapat beberapa koleksi senjata perang baik modern hingga tradisional.

Dari senapan angin yang bagian badannya berbahan dasar kayu hingga baju perang Barajah yang terdapat rajah atau mantra agar kebal dari serangan musuh, serta masih banyak lagi koleksi sejarah yang menarik untuk dikulik lainnya. Agen BandarQ

Informasi:

Nama: Museum Wasaka
Alamat: Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin – Kalimantan Selatan
Jam buka: 09.00-12.00 WITA (Selasa – Kamis), 09.00-11.00 WITA (Jumat), 00-12.30 WITA (Sabtu-Minggu)
Harga tiket: Rp 3.000,-

6. Pasar Apung Muara Kuin

Dilalui puluhan aliran sungai membuat Banjarmasin memiliki potensi wisata dan keunikan tersendiri. Jika di atas sungai Martapura ada pasar apung Lok Ba Intan, maka di sungai Barito dan muara sungai Kuin ada pasar apung Muara Kuin yang tak kalah menyuguhkan wisata belanja di atas perahu yang eksotis.


Mulai beroperasi selepas subuh atau sekitar jam 5 pagi hingga 7.30, di pasar ini Anda dapat menemukan beragam sayur-mayur, buah-buahan, jajanan atau kue hingga kuliner khas kota Banjar.

Anda bisa menumpang perahu klotok untuk bisa bertransaksi dengan mereka dan mencoba sensasi berbeda berbelanja di tengah sungai sambil menaiki perahu dan mencicipi kuliner khasnya yakni soto Banjar yang terkenal kenikmatannya.

Informasi:

Nama: Pasar Apung Muara Kuin
Alamat: Jl. Kuin Utara, Kel. Kuin Selatan, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Jam buka: 05.00 – 07.30 WITA

7. Pantai Angsana

Salah satu pantai yang direkomendasikan di Banjarmasin, Pantai Angsana. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan, ataupun snorkeling.


Demikian DAFTAR rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin yang seru dan mengasyikan yang sayang sekali jika dilewatkan. Yuk, jalan-jalan ke Banjarmasin dan nikmati eksotisme kota Seribu Sungai yang penuh pesona. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar